Perangkat (Media) Pembuatan Multimedia

Posted on

 

1

Hardware

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut jug

dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebua

komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yan

berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung prose

komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang tela

ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instructio

set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebu

maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang tela

ditentukan oleh pemberi perintah.

 

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupaka

suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sam

membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, aka

mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan bai

Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat kera

(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

  1. Input Divice (Unit Masukan)
  2. Process device (Unit Pemrosesan)
  3. Output device (Unit Keluaran)
  4. Backing Storage ( Unit Penyimpanan)
  5. Periferal ( Unit Tambahan)

 

Perangkat-perangkat yang mendukung terciptanya multimedia berserta

kegunaannya :

  • Perangkat konektor

 

Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor,

speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang

menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang

digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.

Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :

  1. Small computer system interface (SCSI)
  2. Media control interface (MCI
  3. Intergrated drive electronic (IDE)
  4. Universal serial bus (USB)
  5. High-definition multimedia interface (HDMI)

 

  • Perangkat input

 

Perangkat input adalah perangkat yang  berfungsi untuk mentransformasi

informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input

biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa

perangkat input tersebut antara lain :

  1. Keyboard
  2. Perangkat pointing
  3. Perangkat input gambar
  4. Perangkat input audio

 

  • Perangkat output

 

Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk

mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada

pengguna.  Perangkat output antara lain :

  1. Speaker
  2. Amplifier
  3. Monitor
  4. Proyektor
  5. Printer

 

  • Perangkat penyimpanan

 

Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan

informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan

maupun memproses data.  Beberapa perangkat penyimpan tersebut

antara lain :

  1. RAM
  2. ROM
  3. Hardisk
  4. CD
  5. DVD

 

  • Perangkat komunikasi

 

Aplikasi multimedia dibuat  oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa

orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula

bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga

dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.

Perangkat komunikasi tersebut antara lain :

  1. Modem
  2. Handphone

 

 

Perkembangan Perangkat Multimedia

Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang

multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui dua

media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan menarik

minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang seperti

sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat berhubungan dengan

sanak famili kita yang ada tempat yang jauh. Morgan Stanley menyebutkan bahw

untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun,

televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan

internet membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti

perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhanny

tercepat di dunia saat ini.

 

Software

Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatu

oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program

yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegan

Contoh dari software yakni :

Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara

pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.

Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi

kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office,

Libre Office dan sebagainya.

 

Macam-macam Perangkat lunak Multimedia yaitu :

Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam  data

processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya

sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga

bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem

multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

 

  1.  Bahasa Pemrograman Multimedia

Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang

digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya

Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.

2

 

 

 

  1. Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Perangkat lunak ini terdiri dari  sistem operasi (Operating  System)

misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows

NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.

Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus

.3

  1. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang

dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam

bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan

animasi.

Khusus Untuk membuat Presentasi Yang Menarik

a)  Perangkat Pengolah Teks

Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft

Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,

sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source

misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

4

 

 

 

b)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D

Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:

–  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand

dan Adobe Illustrator.

–  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint

Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.

5

 

 

 

c)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D

Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D

adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan

lain sebagainya.

 

6
d)  Perangkat Lunak Authoring Multimedia

Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan

peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat

lunak dengan  dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa

harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa

pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi

authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia

Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring

berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis

waktu.

7

 

 

 

Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja

berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen

dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah

HyperCard dan ToolBook Assistant.

 

Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart

untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan

bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan

diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya

adalah Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.

 

Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket

multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.

Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan

kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara

ini adalah Macromedia Director.

Authoring DVD adalah  aplikasi yang digunakan untuk

menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle

Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

 

  1. e)  Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia

Flash yang digunakan untuk  membuat animasi grafis pada web,

Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page

 

http://cruzadercruzer.blogspot.co.id/2012/04/hardware-dan-software-pada-multimedia.html

http://mukhtarizafunna.blogspot.co.id/2015/04/perangkat-dan-alat-multimedia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s