Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat Saat Bermain Catur

Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat Saat Bermain Catur

-Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat dalam Bermain Catur-
Hai semuanya nama saya Bayu Santoso dan kali ini saya mau membagikan tentang bagaimana cara mencari langkah terbaik dengan cepat. Di artikel ini kamu bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana suatu rencana bermain bisa membantu mu bermain efektif.
Banyak pemain catur yang mengatakan bahwa ia bisa mencari langkah yang tepat saat menganalisa suatu permainan catur, namun ia tidak bisa melakukan itu saat bermain catur. Jika di beri waktu yang cukup saya yakin tipe pemain seperti ini akan dapat mencari langkah terbaik saat bermain. Masalahnya adalah saat bermain catur kita harus bermain cepat atau kehilangan banyak waktu, terutama saat bermain blitz (catur cepat).

Dalam bermain catur kita dibebani dengan aturan melangkah, prinsip, ide dll. Di lain pihak hal ini sangat membantu kita. Akhirnya ini akan menyulitkan kita karena kita harus mempertimbangkan berbagai macam gagasan sehingga membutuhkan waktu yang sangat banyak. Padahal kita hanya memiliki paling tidak 3 menit waktu berpikir atau justru kurang dari itu.

Oke saatnya ke topik bahasan yang sesungguhnya. saya akan membagikan suatu dasar dari permainan catur. Kamu harus tau kapan untuk mempraktikan hal ini saat bermain. Seorang pemain tangguh akan tau kapan ia harus menggunakan metode ini. Dalam artikel kali ini saya akan membagikan metode itu.

Saatnya kita beranjak ke level yang lebih tinggi. Sebelum mengaplikasikan metode yang lain

Pertama kamu harus tau berapa banyak waktu yang kamu bisa gunakan dalam bermain catur.

Milsalnya 3 menit atau kurang. Hal ini bisa kamu hitung sendiri, misalnya kamu bermain 120 menit dalam 40 langkah. jadi tinggal bagi saja

120 menit / 40 langkah = 3 menit /langkah

Jika kamu bermain blitz game 5 menit berarti kamu harus melangkah 7,5 detik per langkahnya.

Lanjut ke prinsip berikutnya.

Kamu harus tau kapan harus berpikir saat bermain catur dan kapan harus melangkah dengan cepat

Ada empat prinsip dalam melakukan hal ini, hal tersebut yaitu:

1. Saat opening atau pembukaan kamu harus melangkah dengan cepat

Opening merupakan saat yang paling mudah di lalui dalam bermain catur. Kamu harus mengetahui prinsip-prinsip utama dalam opening. Jika kamu sudah mempelajari ini kamu akan mudah melaluinya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengembangkan buah catur kamu dan menempati posisi-posisi tertentu.
Intinya adalah kamu harus menggunakan sedikit waktu dalam opening dan menyimpan waktu itu untuk stage berikutnya. Hal ini adalah pilihan yang cerdas dari pada kamu harus melakukan blunder saat middle game atau end game karena kekurangan waktu.

2. Di akhir opening kamu perlu menggunakan waktu mu untuk berpikir dan mengatur suatu rencana

Kebanyakan pemain catur sudah mendengar hal ini, namun tetap ada juga yang tidak mengikuti saran ini. Intinya adalah 

Jika kamu memiliki rencana yang baik kamu akan bermain cepat. Dan jika tidak memiliki rencana kamu  akan bermain lambat dengan terus berpikir di setiap langkahnya.

Ayo coba kita analisa salah satu contoh:

Rencana putih yaitu mencoba menyerang bidak lemah di d6. Putih melakukannya dengan meletakkan gajah di diagonal c3 dan menggandakan benteng di d file. Mungkin perlu waktu untuk mendapatkan ide ini.  

Saat kita sudah memiliki suatu rencana kita akan dapat melangkah lebih cepat.

Coba kita ikuti bagaimana putih melakukan itu

 

 2. Kamu harus mengkalkulasi variasi langkah di tactical posisi dan berpikir secara general atau umum di strategical posisi

Pemain catur modern biasanya selalu memikirkan variasi langkah di setiap posisi. Ini akan memakan banyak waktu untuk melakukannya. Akan lebih bijak jika kita hanya mengkalkulasi di taktikal posisi.

One of the biggest problems that plagues modern chess players is that they always calculate variations. It takes a lot of time and effort to do this, and often it doesn’t help to find the best move.
Therefore you should focus your attention on calculation only in tactical positions.(Smirnov, I GM, 2011)

Masalahnya adalah apa yang di maksud dengan taktikal posisi

 

Posisi di atas bukanlah taktikal posisi. Tidak ada area yang diserang dan semua buah catur dalam keadaan yang santai dan damai🙂 . Kamu tidak perlu berpikir keras di posisi ini. Kamu hanya perlu memikirkan rencana, manuver dll. Jadi langkah selanjutnya adalah 23…Na7 24.Qd1-Nb5 25.Ra2-h6 26.g3

 

Kemudian hitam merespon dengan 26…N

Sekarang posisi menjadi taktikal posisi.

Jadi kapan posisi menjadi taktikal posisi

Kamu harus memulai kalkulasi saat terjadi kontak antara buah caturmu dengan lawan atau kamu mencoba membuat kontak dengan buah catur lawanmu

Di saat seperti ini kamu perlu mengkalkulasi langkah untuk mencari langkah terbaik dan bukan langkah yang biasa-biasa saja.

4. Saat posisi mu akan kalah atau menang kamu harus berpikir lebih lama

Saya pikir mungkin hampir semua pemain catur pernah mengalami ini. Saat kita merasa pada posisi yang akan menang kita mengabaikan kalkulasi dan justru berakibat pada blunder, dan berakibat menjadi kekalahan.

Di akhir artikel saya mau coba membagikan beberapa saran saat bermain catur.

1. Lihatlah jam catur di setiap melangkah (rekomendasi dari GM)

2. Bandingkan sisa waktumu dan sisa waktu lawanmu

Apa yang harus kamu lakukan saat di posisi waktu yang akan habis:

1. Simpelkan posisi

2. Jangan memulai taktikal posisi yang rumit

3. Siapkan waktu yang cukup sebelum memulai posisi yang kompleks

Mudah-mudahan postingan kali ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian

 

Strategi Bermain Catur – Konsep Berpikir Efektif

Strategi bermain catur – Permainan catur selalu berhubungan dengan strategi. Bahkan ada grandmaster catur yang mengatakan bahwa catur adalah 99% strategi. Pada posting kali ini saya mencoba ingin menyajikan sebuah cara ataupun metode yang benar bagaimana memaksimalkan strategi bermain catur kita. Kita tau bahwa membuat suatu strategi bermain catur bisa dibilang gampang-gampung sulit. Gampang dalam artian mengambil pilihan untuk melakukan langkah menunggu saja merupakan suatu strategi bermain catur. Namun yang jadi masalah adalah bagaimana cara melakukannya dengan benar dan tanpa mengalami risiko dikemudiannya. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menciptakan suatu daftar strategi bermain catur yang akan kita wujudkan di 5-10 langkah setelah langkah yang dilakukan lawan kita. Dengan demikian maka diharapkan sobat dapat bermain catur dengan langkah-langkah yang teratur dan terkonsep dengan baik dan memudahkan sobat dunia catur dalam memahami strategi bermain catur dan tujuan langkah lawan sobat.

TO DO LIST 
Setelah setiap 3-10 pergerakan, Sobat dunia catur harus membuat daftar strategi yang harus diwujudkan oleh sobat. Dalam daftar ini, Sobat dunia catur harus menambahkan Item yang Sobat dunia catur
ingin wujudkan dalam posisi tertentu.
Oleh karena itu Sobat dunia catur bisa menambahkan Item strategi bermain catur berikut:

1. menyelesaikan perkembangan,
2. menduduki file terbuka / diagonal,
3. menciptakan kelemahan dalam posisi lawan,
4. meningkatkan posisi buah (salah satu bahan pertimbangan yang penting) dan sebagainya.

Sementara mengenai artikel sebelumnya (tentang ancaman dan konsekuensi) harus dilakukan setelah gerakan lawan Sobat,sedangkan “TO DO LIST” harus dibuat beberapa saat ketika karakteristik dari posisi telah berubah atau ketika beberapa buah catur yang Sobat dunia catur miliki sudah menyelesaikan tugas yang diberikan.
Untuk lebih jelsnya simak penjelasan berikut ini:

(Mantan juara dunia, Petrosian)

CONTOH MENCIPTAKAN TO DO LIST: 

Dalam posisi ini, keunggulan Putih jelas. Putih telah menaklukkan c-file dan memiliki keunggulan pada c5, sementara Hitam memiliki petak lemah yang kompleks(a5, b5, c5, c6) immobilisasi pada buah-buah catur dan dalam pertahanan yang pasif. Namun, untuk mata pakar catur, struktur di depan raja hitam lemah, dan Putih akan menggunakan kelemahan ini untuk memenangkan permainan dengan
serangan langsung terhadap raja. Dalam rangka untuk menyerang raja, Putih perlu membuka file, sehingga ia perlu untuk memajukan pion di sisi itu.
Memajukan bidak pada sisi raja akan melemahkan posisi raja putih juga. Jadi, Petrosian membuat “TO DO LIST” berikut ini:

1) Buat aman raja dengan membawa dia ke sisi mentri.
2) Memajukan pion di sisi raja untuk menghancurkan perlindungan raja hitam. Ini dimungkinkan karena bidak hitam lemah dan Putih akan mampu memaksa pertukaran di sisi itu;
3) Menggerakan buah ke posisi terbaik mereka, siap untuk transisi ke sisi raja pada saat yang tepat … dan serangan akhir.

Jika Sobat dunia catur tertarik, lanjutan permainannya berikut ini:
28. g3 Kg7 29. Kf1 Kg8 30. h4 h5 31. R1c2 Kh7 32. Ke1 Kg8
33. Kd1 Kh7 34. KC1 Kg8 35. KB1 Kh7 36. QE2 Qb7 37. RC1 Kg7 38. Qb5 Qa8 39. f4 Kh7 40. QE2 Qb7
41. g4 hxg4 42. Qxg4 Qe7 43. h5 Qf6 44. Ka2 Kg7 45. hxg6 Qxg6 46. Qh4 Be7 47. Qf2 Kf8 48. 1-0 Nd2
Daftar “TO DO list” merupakan unsur yang sangat penting yang akan membantu pemain catur mengkalkulasi secara terorganisir, membuat rencana bermain, dan konsisten dalam realisasinya. Jika Sobat dunia catur ingin meningkatkan kemampuan dan strategi bermain catur Sobat, Sobat dunia catur harus mulai membangun dan menggunakan daftar “TO DO LIST” dalam setiap pertandingan dimulai dari sekarang. Ini tidak akan mudah untuk menemukan elemen yang tepat untuk ditambahkan pada daftar ini,
namun latihan yang efektif akan sangat membantu perkembangan permainan sobat. Pada saat yang sama pengetahuan catur Sobat menjadi lebih baik dan lebih luas, Saya yakin Sobat akan menjadi pemain yang lebih baik. Namun, berpikir terorganisir adalah sesuatu yang sulit, jadi berusaha untuk mengatur fikiran Sobat dunia catur mulai
dari saat ini dan Sobat dunia catur tidak akan menemukan keluhan dengan mengatakan Kenapa permainan catur ku tidak semakin membaik.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s