Kampung Kepiting

Kampung Kepiting

Ialah sebuah kampung yang berada di salah satu daerah di Dusun Ulutaue, Bone, Sulawesi Selatan, dimana semau atau berberapa warga memiliki keanehan yang tidak dimiliki khalayak manusia biasa yang terletak keanehanya pada fisiknya.

Pada umumnya manusia memiliki dua tangan dan memiliki lima jari pada setiap jarinya tanganya mapun kaki. Namun di dusun ini penduduknya terlahir dengan jari-jari kaki dan tangan mereka yang terbelah menjadi dua hingga sekilas tampak seperti capit kepiting.

Ini kutipan dari dari salah satu media di Indonesia :

Aneh, Hampir Semua Warga Ulutaue Berjari Hanya Tiga


Hampir semua warga Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, kebanyakan cacat. Warga mengalami kelainan fisik, yakni berjari hanya tiga, baik kaki maupun tangan. Kelainan ini dialami warga pada semua golongan usia, dari bayi hingga lanjut usia.

 

Umbang, salah seorang sesepuh kampung yang ditemui Kompas.com, mengatakan, kelainan fisik itu sudah terjadi turun-temurun. Mereka bahkan sudah pasrah karena meyakini bahwa yang mereka alami itu sudah digariskan nenek moyang.

 

“Ini sudah keturunan, mulai dari nenek kami begini semua. Keturunan kami yang lahir pasti begini semua. Walaupun ada yang normal, tetapi kalau ada anaknya, begini juga tangannya,” kata Umbang.

 

Di tengah keterbatasan itu, warga Dusun Ulutaue tetap menjalani kegiatan sehari-hari sebagai nelayan. Sebagian besar hidup miskin. Mereka juga cenderung menutup diri dari dunia luar.

 

Mereka mengaku selama ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Belum ada layanan kesehatan, apalagi penelitian medis terkait kondisi turun-temurun yang mereka alami itu.

 

Kurangnya perhatian itu dikeluhnya warga. “Kalau memang mau, mestinya pemerintah datang menyembuhkan kami. Katanya ini penyakit gen, tetapi mana buktinya sampai sekarang mereka tidak datang perhatikan kami,” kata Ahmad, warga setempat.(KOMPAS.com/Abdul Haq)

 

sumber: http://www.tribunnews.com/2012/03/14/aneh-hampir-semua-warga-ulutaue-berjari-hanya-tiga

 

Penjelasan ilmiahnya

 

Lobster Claw Syndrome – Ectrodactyly
Ectrodactyly, juga dikenal sebagai Sindrom Lobster Claw atau Syndrome malformasi Kaki Tangan  ini terdiri dari jari tengah atau jari kaki yang hilang. Tangan orang penderita Ectrodactyly umumnya seperti capit dan bahkan ada juga hanya satu buah jari.

Ectrodactyly atau Lobster Claw Syndrome dapat disebabkan oleh mutasi kromosom 7 dan genetik. Mutasi Kromosom 7 juga dapat menyebabkan kondisi seperti gangguan pertumbuhan, hernia, dan gangguan pendengaran. Karena itu, Ectrodactyly atau Lobster Claw Syndrome biasanya terjadi bersama dengan kelainan fungsi indera lainnya.

Hal serupa juga ternyata yang menimpa penduduk yang berada di dusun Ulutaue, Bone, Sulawesi Selatan. Secara turun temurun, kelainan ini dibawa dan disebabkan adanya faktor genetis pembawa keturunan dari mutasi kromosom 7. Untuk penyembuhan harus melalui jalur medis dengan melakukan operasi atau juga bisa diakali dengan menggunakan bantuan tangan atau kaki palsu.

wikipedia.org )

( abcnews.go.com tribunnews.com/ , wikipedia.org )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s