Sumber Pencemaran Udara

 

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisikkimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suarapanasradiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokalregional, maupun global.

Jenis-jenis bahan pencemaran udara: 

sumber-sumber pencemaran udara antara lain:

  • asap rokok

Dalam asap rokok terdapat 4.000 bahan kimia dan gas berbahaya yang bersifat karsinogenik. Seperti nikotin, arsen, tar, aseton, natilamin, dan cadmium. Tidak semua bahan-bahan kimia tersebut ada dalam polusi udara -akibat cerobong asap pabrik, asap rumah tangga, atau knalpot kendaraan.

  • asap kendaraan

Dampak dari asap kendaraan bermotor bagi kesehatan, antara lain:

1.       Karbon monoksida.

      Gas ini bersifat racun, dapat menyebabkan  rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida bereaksi dengan  hemoglobin dalam darah membentuk COHb (karboksihemoglobin).
2.       Oksida Belerang.
    Belerang oksida, apabila terisap oleh pernapasan, akan berekasi dengan air dalam sluran   pernapasan dan membentuk asam sulfat yang akan merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Oksidasi belerang juga dapat larut dalam air hujan dan menyebabkan hujan asam.

3.       Oksida nitrogen.

    NOx bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain dan menimbulkan fenomena asap-kabut atau smog. Smog menyebabkan berkurangnya daya pandang, iritasi pada mata dan saluran pernapasan, membuat tanaman layu, serta menurunkan kualitas materi.
  • asap pabrik

Lingkungan sekitar pabrik itu yang telah tercemar pasti merugikan mahluk hidup yang ada di sekitar pabrik itu khususnya manusia jika pabrik itu mengeluarkan berupa cairan pencemaran di sungai maka terjadi pemcemaran air contohnya air diminum oleh manusia akan mengakibatkan penyakit dalam atau pun luar dan hewan-hewan di dalam sungai akan mati dari mekaorganisme kecil sampe terbesar maka dari itu kita menjaganya.

kesimpulan: dari video yang saya amati, dapat saya simpulkan bahwa udara bisa saja dapat tercemar dimanapun kita berada. agar kesehatan dapat terjaga maka dari itu kurangilah polusi  udara seperti merokok pada tempat yang tersedia, kurangi kendaraan bermotor, kurangi asap pabrik agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. lakukanlah usaha untuk mengatasinya sedari dini sebelum kesehatan kita terancam rusak akibat pencemaran udara tersebut.

sumber: (http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udarahttp://sakuning.blogspot.com/2013/01/Dampak-dan-penyakit-dari-asap-kendaraan-bermotor.htmlhttp://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/bahaya.asap.rokok.kalahkan.polusi.udara/004/003/54http://lukmanp421.blogspot.com/2013/04/pencemaran-lingkungan-pabrik.html)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s