TEKNIK DASAR PARKOUR

TEKNIK DASAR PARKOUR

Tekhnik Dasar Parkour

 

Landing (Atterrissage or réception)
Gerakan mendarat. Teknik yang dipakai adalah membengkokkan lutut saat jari-jari kaki menyentuh tanah (jangan pernah mendarat dengan telapak; usahakan selalu mendarat dengan jari-jari kaki dalam keadaan memakai sepatu).

Balance (Équilibre)

Berjalan di sepanjang bibir obstacle; secara harfiahnya benar-benar menunjukkan “keseimbangan.”

Cat balance (Équilibre de chat)

Gerakan merangkak di sepanjang bibir obstacles; seperti kucing.

Underbar (Franchissement)

Melompat atau berayun melewati sebuah celah pada sebuah obstacles; secara harfiahnya “untuk melewati” atau “untuk menembus”

Dismount, swinging jump (Lâché)

Bergelantung di salah satu sisi obstacles kemudian memutar badan ke sisi lainnya setelah itu melepaskannnya untuk mendarat

Vault (Passement)

Loncat atau melompati obstacles, kadang-kadang menggunakan tangan.

Pop vault, wall hop (Passe muraille)

Melompati tembok, yang biasanya menggunakan kaki dan ditendangkan ke arah tembok untuk merubah momentum awal ke momentum keatas, serta diikuti dengan penggunaan tangan saat di atas tembok untuk melewati tembok tersebut.

Kong vault/Cat jump/pass (Saut de chat)

Gerakang lompatan dengan diving ke depan sehingga posisi badan terlihat horizontal, kemudian mendarat dengan tangan serta memasukan kaki melewati kedua tangan, sehingga badan kembali ke posisi vertical dan bersiap untuk mendarat.

Dash vault

Melewati obstacles dengan melompat menggunakan kedua kaki terlebih dahulu kearah depan sehingga badan dan kaki terlihat membentuk sudut 90 derajat, dan diteruskan dengan menahan badan dengan kedua tangan.

Turn vault Demitour

Melompat dengan gerakan berputar 180° derajat; secara harfiahnya “setengan berputar.” Gerakan ini berguna untuk menempatkan diri kalian bergelantungan dari salah satu sisi sebuah object ke sisi satunya untuk melakukan pendaratan jarak pendek atau bersiap untuk melompat ke object lainnya.

Reverse vault

Gerakan melompat dengan perputaran 360°. Dalam lompatan ini, traceur’s melompat dengan membalikkan badannya saat melewati sebuah obstacles.

Speed Vault

Lompat melewati obstacles denga kecepatan penuh sambil memiringkan kaki untuk melewati obstacles dibantu dengan hentakan satu tangan

Lazy Vault

Melewati obstacles dengan kecepatan rendah degan menaikkan badan dibantu dengan satu tangan. Setelah melewati obstacles tersebut, kaki diluruskan dan dibantu dengan tanagn yang lain sebagai tumpuan kedua.

Muscle up/climb-up (Planche)

Gerakan memanjat.

Roll (Roulade)

Gerakan berguling kedepan setelah melakukan lompatan. Hal ini bertujuan untuk mentransfer momentum atau energi setelah melompat.

Cat leap/Arm jump (Saut de bras)

Gerakan mendarat di salah satu sisi obstacles dengan menggunakan tangan seperti mencengkram sudut atas dari obstacles, menahan badan, dan bersiap untuk memanjat.

Drop (Saut de fond)

Gerakan mendarat ke bawah

Gap jump (Saut de détente)

Gerakan melompat dari sebuah obstacles untuk melewati sebuah gap atau jarak. Teknik ini biasanya dikuti dengan gerakan Roll. (biasanya didahului dengan berlari)

Precision jump (Saut de précision)

Lompatan statis secara seksama dari satu ke object menuju object selanjutnya. (sangat berhubungan erat dengan keseimbangan saat mendarat)

Tic tac

Gerakan menendang ke arah tembok yang dimaksudkan untuk melewati obstacle atau mencapai ketinggian untuk meraih sesuatu object.

Sumber : Bang Bullseye

http://www.parkourindonesia.web.id/forum/viewtopic.php?f=2&t=75

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s